AGEN JUAL BELI ULAT HONGKONG

Pengepul ulat Hongkong di Jakarta
Pengepul ulat Hongkong di Jakarta

Bisnis jual beli ulat hongkong di Jakarta

Bisnis jual beli ulat hongkong di Jakarta masih menjadi primadona bagi mayoritas pemain di bisnis ulat hongkong. Mengapa menjadi primadona? Karena omset atau putaran uang di bisnis jual beli ulat hongkong Jakarta cukup besar. Mengutip dari majalah Trubus , kebutuhan ulat hongkong untuk pasar JABODETABEK mencapai 80 ton per bulan.

Jika saja harga ulat hongkong per kilo senilai 25 ribu rupiah, maka putaran uang dari bisnis ulat hongkong di JABODETABEK saja senilai 2 milyar rupiah per bulannya. Ini baru angka perkiraan ya. Dari kebutuhan tersebut, sebagian besar kebutuhan ulat hongkong JABODETABEK dipasok oleh peternak dan pengepul ulat hongkong dari Jawa Timur. Sebagiannya baru mengambil dari sekitaran JABODETABEK.

Kalau dirinci lagi, pasokan ulat hongkong ke Jakarta mayoritas berasal dari peternak ulat hongkong di Malang dan Blitar.

Persaingan yang ketat membuat hanya sedikit pemain yang bisa bertahan lama mensuplai kebutuhan ulat hongkong untuk area JABODETABEK.

Walaupun persaingannya berat, godaan untuk ikut meramaikan persaingan bisnis ulat hongkong Jakarta tetap saja besar. Setiap tahun selalu ada pemain baru yang mencoba peruntungan di bisnis ini.

Sebenarnya dimana pusat bisnis ulat hongkong di Jakarta tersebut ?

Pemain – pemain besar ulat hongkong Jakarta ada di pasar – pasar tradisional seperti pasar Burung Pramuka, Pasar Rabu dan juga di pasar Kamis. Ketiga pasar tradisional tersebut menjadi tujuan utama kiriman ulat hongkong dari Jawa.

Sebenarnya kenapa banyak peminat/pemain yang ikut meramaikan bisnis jual beli ulat hongkong di Jakarta?

Pertanyaan sederhana yang perlu kita perhatikan secara seksama. Yuk mari kita uraikan satu per satu.

Bisnis jual beli ulat hongkong mempunyai banyak peminat memiliki beberapa penyebab. Pertama dalam kondisi pandemi Covid 19 yang belu reda, banyak orang yang menganggur. Entah karena mereka terkena PHK atau bisnis lama mereka tutup akibat pengaruh COVID 19. Orang – orang ini mulai mencoba peruntungan baru di bisnis jual beli ulat hongkong. Jadi jangan salah ya, saat pandemi seperti sekarang bisnis ulat hongkong semakin ramai peminatnya.

Alasan kedua, putaran di bisnis ulat hongkong ini relatif cepat. Mengapa ? Meningkatnya peminat burung berkicau akan mendorong kebutuhan pakan. Nah salah satu pakan yang terdongkrak kebutuhannya adalah ulat hongkong. Apalagi jika musim kemarau,semakin banyak lomba burung berkicau. Maraknya lomba burung berkicau akan memicu permintaan akan ulat hongkong.

Ketiga adalah mengenai daya beli masyarakat Jakarta yang lebih tinggi dibanding daerah lain. Kemampuan ekonomi masyarakat Jabodetabek membuat mereka membeli ulat hongkong bahkan saat harga mahal. Hal ini membuat kebutuhan ulat hongkong untuk area JABODETABEK besar.

Peluang usaha jual beli ulat hongkong di Jakarta

Di atas kita sudah menguraikan alasan mengapa omset bisnis jual beli ulat hongkong di Jakarta in besar. Banyaknya peminat burung kicau di Jakarta dan besarnya kemampuan beli mereka mendorong meningkatnya kebutuhan akan ulat hongkong.

Nah, dengan adanya pasar yang besar ini sebenarnya apakah masih terbuka kesempatan untuk ikut serta terjun ke bisnis jual beli ulat hongkong di Jakarta?

Mengingat tingginya persaingan di ceruk pasar ini peluang untuk masuk ke bisnis ini masih tetap terbuka. Tetapi kita harus memiliki daya saing yang kuat sehingga bisa bersaing dengan kompetitor.

Sebenarnya sebesar apa keuntungan terjun ke bisnis jual beli ulat hongkong di JABODETABEK itu? Mari kita simak hitungan kasar/contoh dari salah satu agen ulat hongkong JABODETABEK. Seorang agen jual beli ulat hongkong di area JABODETABEK pemula bisa memulai dengan menjual 100 kg ulat hongkong per minggunya. Dia bisa memulai menjual ulat hongkong ke kios pakan burung di area dekat tempat tinggal dia. Bisa memulai dengan menjual sendiri atau bekerja sama dengan sales yang sudah biasa menjual ulat hongkong. Kita umpakan kalau dia menjual sendiri ulat hongkongnya ke kios – kios pakan burung. Rata – rata per kilo mereka mengambil keuntungan berkisar 10 rb  – 20 rb. Jadi dalam seminggu, agen ulat hongkong ini mampu meraup keuntungan berkisar 1 – 2 juta/minggu. Dan untuk ukuran Jakarta, menjual 10-15 kg per hari, seminggu 100 kg) saya rasa relatif mudah karena besarnya daya beli konsumen Jakarta. Itu baru keuntungan selama seminggu, kalau sebulan? kita tinggal kalikan 4x. Kira2 sebulan mengantongi keuntungan 4-8 jt.

Itu baru omset 100 kg/ minggu lo? Bagaimana jika lebih besar? Silahkan dihitung sendiri ya…

Catatan : nilai keuntungan masing – masing daerah berbeda – beda tergantung tingkat persaingan dan musim panen.

Peluang untuk menambah omset masih terbuka lebar karena Bandar – Bandar besar ulat hongkong di Indonesia itu domisilinya di Jabodetabek. Mereka bisa memiliki omset per minggu 3-5 ton seminggu. Dan jumlah Bandar ulat hongkong di Jabodetabek ini jumlahnya juga lumayan. Jadi ini masih ada peluang untuk mencari peluang pasar lebih besar. Bandar – Bandar ulat hongkong ini biasanya mempunyai lapak di pasar burung di sekitaran JABODETABEK.

Baca selanjutnya pengepul ulat hongkong 

Nah itu sedikit gambaran peluang bisnis jual beli ulat hongkong di JABODETABEK?

Masih mau tahu gimana tips dan triknya agar sukses di bisnis jual beli ulat hongkong untuk area JABODETABEK?

Ayo kita lihat kunci sukses berbisnis ulat hongkong di JABODETABEK.

Kunci sukses mencari pengepul ulat hongkong untuk mitra bisnis

Kunci sukses di bisnis jual beli ulat hongkong JABODETABEK adalah pasokan stok,harga bersaing dan kualitas ulat.

Pasokan ulat hongkong memang sangat dipengaruhi oleh cuaca. Faktor cuaca sangat berperan terhadap stabilitas harga. Kadang pengaruh naik turun pakan tidak begitu besar efeknya jika kita bandikan dengan pengaruh cuaca.

Ketika cuaca mendukung untuk budidaya ulat hongkong maka produksi ulat hongkong akan diatas serapan pasar, hal ini menyebabkan harga ulat hongkong di pasaran jatuh. Ketika panen raya dan harga jatuh maka pasokan ulat hongkong berlimpah. Disaat ini akan lebih sulit mencari siapa sih pengepul ulat hongkong di Jakarta yang dijadikan mitra. Mengapa? Karena banyak orang punya barang dan mereka berlomba – lomba menurunkan harga.

Belum tentu dan seringkali pengepul ulat hongkong di Jakarta yang memberikan harga paling murah bisa tetap konsisten memiliki barang saat paceklik. Mengapa? Karena biasanya yang sering memberikan harga “kelewat murah/dibawah harga pasaran” adalah pemain baru yang sedang mencari konsumen.

Tetapi sebaliknya, siapa pengepul ulat hongkong di Jakarta yang masih konsisten mengirim ulat hongkong di kala barang susah atau masa paceklik. Itu adalah pengepul ulat hongkong di Jakarta yang “layak” untuk dijadikan mitra bisnis. Mengapa ? biasanya yang masih memiliki barang dan loyal saat musim paceklik dia merupakan mitra bisnis yang layak untuk kita perjuangkan dan jaga.

Biasanya pengepul ulat hongkong tersebut mampu menjaga pasokan ulat , ukuran ulat dan harga jual. Sehingga dia mampu melewati masa – masa sulit dan tetap memiliki barang untuk agen/sales yang menjadi langganan dia.

Itu tadi uraian saya mengenai sepak terjang pengepul ulat hongkong di Jakarta. Bagi kawan – kawan yang ingin mengetahui lebih dalam mengenai peluang bisnis jual beli ulat hongkong bisa langsung menghubungi kami.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *