Program Kemitraan Peternak Ulat Hongkong Blitar

Peternak Ulat Hongkong
Peternak Ulat Hongkong Binaan Bintang Jaya

Peternak ulat hongkong blitar bekerja sama dengan pengepul ulat hongkong untuk memasarkan hasil panennya. Berikut ini ulasan ringan mengenai alur kegiatan dari peternak ulat hongkong Blitar. Semoga uraian ini mampu membantu peternak ulat hongkong pemula dalam menjalankan roda usahanya.

Selanjutnya baca : Peternak ulat hongkong

A.KENDALA YANG DIHADAPI PETERNAK ULAT HONGKONG  BLITAR

1. Kendala teknik berternak

Bagi peternak ulat hongkong di blitar maupun peternak ulat jerman pemula, kemampuan berternak ulat hongkong dapat diperoleh memulai beberapa cara tersebut :

a. Bertanya kepada peternak yang lebih senior

b. Mencari informasi melalui media online. Bisa melalui website misal : budidaya ulat hongkong bagi pemula atau melalui chanel youtube : https://www.youtube.com/watch?v=zY61JexP-Fk

c. Atau bagi yang ingin mendapatkan pelatihan budidaya ulat hongkong secara menyeluruh (mulai dari perencanaan, pembuatan pakan, pembuatan kepik/kumbang, pembesaran, panen, pemasaran) bisa mengikuti pelatihan budidaya ulat hongkong yang diadakan oleh Bintang Jaya.

2. Kendala di sisi permodalan

Lalu setelah mengusai teknik berternak, kendala selanjutnya adalah mengenai pakan. Peternak pemula biasanya mengalami kendala dipengadaan pakan untuk pembesaran ulat. Keterbatasan modal menjadi salah satu alas an terhambatnya proses pengembangan usaha budi daya ulat hongkong. Walaupun ulat hongkong atau ulat jerman bisa makan dari sampah / limbah sayuran, tetap saja mereka butuh pollard untuk pakan utama mereka. Karena limbah sayuran secara umum hanya untuk minum saja.

3. Kendala pemasaran hasil panen peternak ulat hongkong dan ulat jerman

Bagi peternak, kepastian hasil panen mereka bisa diterima pasar ( terjual) adalah sesuatu yang sangat melegakan. Karena jika hasil panen tidak laku / maka hasil kerja kerja selama berbulan bulan akan terbuang siang – siang. Memang bagi peternak ada beberapa pilihan untuk menjual hasil panennya. Berikut beberapa opsi yang bisa diambil peternak :

a. Menjual langsung ke toko/konsumen

Keuntungan dari cara ini adalah memperoleh harga jual yang relatif lebih mahal. Hanya saja, ruang lingkup pemasarannya terbatas sekitar tempat tinggal. Dan lagi waktu kita akan tersita banyak untuk melayani konsumen. Apa efeknya?  Yang jelas, dengan berkurangnya waktu untuk mengurus ternak maka peternakkan kita akan terbengkalai. Dengan terbengkalainya peternakkan kita bisa jadi produksi susut atau malah bisa gagal panen. Jika begini kan repot.

b. Menjual ke sales

Menjual hasil panen ke sales yang tinggal dekat peternakkan adalah langkah yang bagus. Minimal peternak sudah tak perlu pusing memikirkan penjualan ulat hongkongnya. Bisa tenang urus peternakkannya. Hanya saja jika peternak ingin berkembang lebih besar, maka seberapa kemampuan sales menampung panen dari peternak? Rata – rata sales pribadi mampu menjual 50 – 150 kg ulat hongkong per minggu. Jika ulat jerman mungkin dikisaran 10 – 30 kg. Belum lagi saat musim panen raya, banyak sales yang tidak mau ambil ulat dari peternak. Kalau sudah begini, peternak akan tambah bingung. Lalu, apa ada solusi lain?

c. Bekerja sama dengan pengepul ulat hongkong atau pengepul ulat jerman

Ketika peternak memutuskan untuk bekerja sama dengan pengepul ulat hongkong ,maka mereka akan menampung hasil panen dari peternak. Baik di saat musim paceklik atau saat musim panen raya. Bahkan beberapa pengepul memberikan bantuan pakan di depan. Sehingga memudahkan peternak untk melakukan mengembangkan peternakkannya. Lalu dimana kita menemukan pengepul ulat hongkong atau  atau pengepul ulat jerman?  Jika Anda berdomisili di Jawa Timur, Anda akan banyak menemui pengepul ulat. Tapi jika Anda berdomisili di luar Jawa Timur, kemana Anda menemukan pengepul ulat hongkong ? Bagi yang tinggal di sekitaran Jogja , Magelang , Boyolali atau Semarang mungkin bisa menghubungi salah satu pengepul ulat hongkong jawa tengah. Klik KONTAK KAMI untuk mengetahui lebih dalam tentang program kemitraan peternak ulat hongkong dan peternak ulat jerman.

>>> Selanjutnya baca Mitra Reseller

B. SOLUSI BINTANG JAYA UNTUK PETERNAK ULAT HONGKONG DAN ULAT JERMAN DI JAWA TENGAH

Bagi peternak ulat hongkong dan ulat jerman di Jawa Tengah dan Yogyakarta ( Sleman, Bantul, Magelang, Boyolali , Semarang) kami bisa menampung hasil panen dari peternak ( syarat dan ketentuan berlaku dalam skema kerja sama). Agar kerja sama antara Bintang Jaya dan peternak jerman atau peternak hongkong terjalin erat, kami memberikan beberapa program seperti berikut :

1. Pelatihan budidaya ulat hongkong bagi calon peternak ulat hongkong

Dalam pelatihan budidaya ulat hongkong, kami memberikan pelatihan secara menyeluruh kepada calon peternak ulat hongkong. Pelatihan tersebut meliputi : perencanaan sebelum memulai berternak, pembuatan kepik/indukkan, pembuatan pakan, penanganan hama, panen dan pemasaran. Dalam pelatihan ini akan dibahas mengenai  seluk beluk bisnis ulat hongkong dan bagaimana tips agar bisa survive dalam bisnis ini.

2. Pakan

Bagi peternak mitra yang kesulitan dalam pengadaan pakan. Kami bisa meminjamkan bantuan modal berupa pakan. Dimana pengembaliannya saat panen.

3. Pengambilan ulat hongkong secara rutin

Kami memiliki komitmen untuk mengambil hasil panen ulat dari peternak binaan baik saat musim paceklik atau saat panen raya. Hal ini akan membuat peternak bisa fokus untuk mengurus peternakkannya tanpa terganggu masalah pemasaran.

Distribusi Ulat Hongkong

C. KEUNTUNGAN BAGI PETERNAK ULAT HONGKONG

Dengan adanya beberapa program dari Bintang Jaya untuk calon peternak mitranya, maka peternak memiliki beberapa keuntungan :

1. Calon peternak ulat hongkong memiliki pengetahuan dan bimbingan dalam memulai bisnis ternak ulat hongkong.

Calon peternak ulat hongkong bisa memulai berternak lebih awal karena adanya pelatihan budidaya ulat hongkong yang kami adakan. Selain itu mereka bisa mendapatkan kumbang dan bakalan kumbang selama pelatihan.

2.Jadwal pengambilan panen yang rutin

Dengan adanya jadwal pengambilan ulat, maka peternak akan tenang. Karena hasil panen mereka sudah ada yang membelinya. Harapannya usaha peternakkan dari peternak akan lebih cepat besar.

3. Bantuan pinjaman pakan

Peternak mitra bisa meminjam pakan dari kami. Peternak baru akan bayar saat panen. Sehingga akan menekan kebutuhan modal dari peternak

Nah itu tadi sekelumit penjelasan mengenai program kemitraan peternak ulat hongkong dan ulat jerman. Untuk pembahasan /pertanyaan lebih teknis bisa menghubungi kami di KONTAK